Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan kembali ditutup cerah bergairah pada perdagangan Kamis (16/5/2024). Dengan demikian indeks sudah melesat selama dua hari beruntun.

IHSG ditutup melesat 0,93% ke posisi 7.246,7. IHSG berhasil kembali ke level psikologis 7.100 pada perdagangan hari ini.

Nilai transaksi indeks pada akhir perdagangan hari ini mencapai sekitar Rp 14 triliun dengan melibatkan 19miliar lembar saham yang diperdagangkan sebanyak 1,2 juta kali.

Secara sektoral, sektor bahan baku menjadi penopang IHSG di akhir perdagangan hari ini, yakni mencapai 2,69%.

Sementara itu, dana asing mulai kembali masuk ke pasar modal. Hal ini ditandai dengan berakhirnya net sell asing pada perdagangan kemarin. 

Tercatat, net buy asing senilai Rp 526,62 miliar di seluruh pasar. Astra International (ASII) menduduki peringkat teratas net buy asing dengan nilai Rp 136,3 miliar. Kemudian diikuti oleh BNI (BBNI) Rp 135,5 miliar. 

Adapun untuk hari ini, menarik untuk mencermati tiga rekomendasi saham ini:

PT Rukun Raharja Tbk

RAJA sedang bergerak di dalam minor uptrend channel dan berpotensi melanjutkan penguatan didukung oleh kenaikan volume dan momentum stochastic yang melakukan golden cross. RAJA saat ini memiliki PER 14.1x yang menunjukkan valuasi yang undervalue, karena harga berada di bawah area Mean PE standar deviasi selama 5 tahun terakhir, yaitu sebesar 28x.

Buy: 1425
Take Profit: 1495
Stop Loss: 1355

PT ESSA Industries Indonesia Tbk 

ESSA telah valid membentuk swing low pada support EMA 20 sehingga harga berpotensi melanjutkan penguatan ke resistance yang lebih tinggi dengan dukungan stochastic yang melakukan bullish crossover. ESSA saat ini memiliki PBV 2.8x yang menunjukkan valuasi yang overvalue, karena harga berada di atas mean PB standar deviasi selama 5 tahun terakhir, yaitu sebesar 2.3x.

Buy: 810
Take Profit: 850
Stop Loss: 770

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

BMRI sedang melakukan rebound dari area support lower downtrend channel dengan valid membentuk swing low. Potensi penguatan ini didukung oleh RSI yang menguat di area netral yang sedang menuju pivot area (50). BMRI saat ini memiliki PBV 2.4x yang menunjukkan valuasi yang overvalue, karena harga berada di dekat area +2 PB standar deviasi selama 5 tahun terakhir, yaitu sebesar 2.5x.

Buy: 6350
Take Profit: 6650
Stop Loss: 6100

 


Artikel Selanjutnya


Jelang Akhir 2023, Berikut Rekomendasi Saham Hari Ini


(mkh/mkh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *