Jakarta, CNBC Indonesia – PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) mengumumkan rencana pembelian kembali (buyback) saham ADRO pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 pada Rabu, (15/4/2024).

Presiden Direktur Perseroan Garibaldi ‘Boy’ Thohir mengatakan perseroan berencana untuk membeli kembali saham dengan jumlah sebanyak-banyaknya Rp4 triliun dan dilaksanakan sejak 16 Mei 2024.

“Sebanyak-banyaknya Rp 4 triliun, yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu 12 bulan terhitung sejak tanggal 16 Mei 2024,” ujar Boy.

Buyback tersebut telah sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 29 Tahun 2023.

Selain buyback, pemegang Adaro juga sepakat untuk membagikan dividen tunai final sejumlah US$400 juta setelah sebelumnya telah membagikan dividen interim pada bulan Januari 2024.

“Apresiasi kami terhadap para pemegang saham kami wujudkan dalam komitmen untuk memberikan pengembalian (return) dalam bentuk dividen tunai yang dibagikan secara reguler dan pembelian kembali saham Perseroan,” tutur Boy.

Selain itu, pada Rapat ini para pemegang saham juga menyetujui pengurangan modal ditempatkan dan disetor melalui penarikan saham hasil pembelian kembali Perseroan.

AdapunAdaro mencetak laba inti US$ 440 juta, turun 18%yoy pada kuartal I 2024. Penurunan laba inti ADRO didorong oleh penurunan pendapatan usaha bersih yang anjlok 22% yoy menjadi US$1,44 miliar pada Januari-Maret 2024.

Beban utama dari penurunan pendapatan ADRO adalah segmen pertambangan dan perdagangan batu bara yang menorehkan kinerja negatif. Tercatat segmen tersebut menghasilkan pendapatan Rp1,42 miliar, lebih rendah 21% dari periode yang sama pada 2023.

Untuk diketahui, segmen pertambangan dan perdagangan batu bara menyumbang 98% dari total pendapatan ADRO. Sementara laba dari segmen ini mengalami degradasi sebesar 19% yoy menjadi US$372 juta.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


ADRO Tebar Dividen, Boy Thohir Hingga TP Rachmat Dapat Segini


(mkh/mkh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *