Jakarta, CNBC Indonesia – Dua emiten tambang RI yang tergabung dalam holding pertambangan MIND ID memutuskan membagikan dividen kepada pemegang saham. Kedua emiten tersebut, Bukit Asam (PTBA) dan Aneka Tambang (ANTM), secara kolektif akan membagikan total Rp 7,66 triliun kepada para investor.

Secara rinci PTBA akan membagikan dividen sejumlah Rp 4,58 triliun dan ANTM sebesar Rp 3,06 triliun.

PTBA sepakat untuk membagikan dividen dengan rasio 75% dari laba bersih tahun buku 2023, dengan investor akan mendapatkan pembagian dividen setara dengan Rp397,71 per saham.

Keputusan tersebut sebelumnya telah disepakati dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pekan lalu. RUPST itu juga memutuskan sebanyak 25% dari laba bersih tahun buku 2023 atau Rp 1,53 triliun sebagai saldo laba ditahan.

Sebagai informasi, PTBA membukukan laba bersih Rp 6,1 triliun sepanjang 2023, turun 51% secara tahunan (yoy).

sementara itu, ANTM sepakat untuk membagikan 100% laba tahun buku 2023 sebagai dividen atau setara Rp3,08 triliun. Besaran itu setara Rp128,07 per sahamnya.

Kesepakatan tersebut disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). “Pada penyelenggaraan RUPS Tahunan ini, Perusahaan juga melakukan pembagian dividen sebagai komitmen dalam memberikan nilai tambah yang optimal bagi seluruh stakeholder. Antam berkomitmen tetap membukukan kinerja positif secara berkelanjutan ke depannya,” ujar Direktur Utama ANTM Nico Kanter dalam keterangan resminya, Rabu lalu.

Adapun jadwal pembagian dividen kedua emiten tambang BUMN tersebut dilakukan secara serentak yakni sebagai berikut:

Cum date: 20 Mei 2024

Ex date: 21 Mei 2024

Recording date: 22 Mei 2024

Tanggal pembayaran: 7 Juni 2024

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Sinyal Kuat Anak Usaha PTBA Bakal Segera IPO


(fsd/fsd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *