Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengungkapkan, bank pelat merah mendominasi penghargaan mobile banking dan chatbot bank terbaik. Hal itu berdasarkan survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, sejumlah bank BUMN berhasil meraih penghargaan dan performa chatbot bank terbaik.

“Alhamdulillah tranformasi digital yang dilakukan Himbara sudah mendapat apresiasi termasuk dalam perform mobile banking dan juga chatbot untuk meningkatkan layanan dan kemudahan para nasabah dalam melakukan kegiatan perbankan,” tulis Erick dalam akun sosial media Instagramnya, dikutip Rabu (8/5).

Adapun kategori performa mobile banking bank terbaik diperoleh BRI yang menjadi peringkat pertama. Mobile banking BRI melalui aplikasi BRImo dan performa Chatbot terbaik untuk Sabrina.

Selain BRI, BNI dan Bank Mandiri berada di posisi kedua dan ketiga dalam kategori performa mobile banking terbaik, sedangkan bank BTN berada di peringkat ke-6

Menurutnya, ini membuat empat dari enam bank dengan kategori performa mobile banking terbaik didominasi oleh bank milik BUMN.

“Ini komitmen BUMN untuk terus melakukan transformasi di era digital dengan memprioritaskan layanan untuk kenyamanan masyarakat,” pungkasnya.

Mengutip data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bank BUMN menguasai 42,56% dari total aset perbankan di Indonesia atau Rp 4.982,99 triliun per Februari 2024. Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu aset bank naik 9% yoy. 

Angka pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan industri perbankan nasional yang tumbuh 6,9% yoy. Sebagai informasi pada bulan kedua tahun ini total aset bank di Indonesia mencapai Rp 11.708 triliun.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Erick: 79 dari 88 Proyek Strategis BUMN Rampung, Sisanya Tahun Ini


(mkh/mkh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *