Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah terus berupaya mengajak para investor kakap untuk terus meramaikan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meninjau langsung progres pembangunan fasilitas pendukung pariwisata dan ekonomi kreatif di IKN, termasuk hotel garapan milik konglomerat Aguan.

Mengutip video yang diunggah di akun Instagram resmi miliknya, Sandiaga Uno melihat langsung pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri, Hotel Nusantara, dan Plaza Seremoni yang dibangun dengan konsep-konsep berkelanjutan. Termasuk fasilitas sentra ekonomi kreatif yang nantinya akan memberdayakan UMKM.

“Setelah kita meninjau tadi beberapa fasilitas Parekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), kita pastikan Insyaallah akhir Juli, awal Agustus siap dioperasikan. Terutama hotel, di Hotel Nusantara dan juga satu hotel lain,” katanya dalam video tersebut, dikutip Kamis (2/5/2024).

Nantinya, proyek-proyek fasilitas parekraf di IKN diproyeksikan selesai di bulan Juli-Agustus 2024 dan dipersiapkan untuk perayaan HUT RI ke-79 di sana.

“Kita juga memastikan fasilitas sentra ekonomi kreatif, itu akhir Juli – awal Agustus bisa difungsikan. Sehingga nanti UMKM yang tadinya sudah dilatih, dikurasi bisa langsung berkreasi dan training. Sehingga, pada acara besarnya nanti tanggal 17 Agustus, mereka sudah siap,” ujar Sandiaga.

“Tadi ketemu teman-teman, saya yakin semuanya semangat selesai tepat waktu,” tambahnya.

Seperti diketahui, pada Kamis, 21 September 2023 lalu, Presiden Joko Widodo melakukan peresmian pembangunan Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023). Pada acara ini, banyak pengusaha besar alias taipan RI yang hadir.

Dalam pidatonya, Jokowi menyebut nama-nama taipan tersebut adalah investor Hotel Nusantara yang dibangun di IKN itu. Salah satunya adalah Aguan.

“Yang saya hormati para investor yang tergabung konsorsium, grup Agung Sedayu, Indofood, Sinarmas, Pulau Intan, Adaro, Barito Pacific, Astra, Mulia Group, Kawan Lama Group,” ungkap Jokowi.

Dalam acara peresmian itu Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Selain itu Jokowi menyebut para taipan yang hadir dalam acara ini seperti, Pendiri Agung Sedayu Aguan Sugianto, Franky Oesman Widjaja Putra Konglomerat Grup Sinar Mas, Pendiri Barito Group Prajogo Pangestu, Dirut Adaro Energy Garibaldi Thohir ‘Boy Thohir’, Pendiri Kawan Lama Sejahtera Kuncoro Wibowo, Pendiri Grup Mulia Eka Tjandranegara, dan lainnya

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Panas di Debat Cawapres, Ini 10 Investor Kakap di Balik IKN


(ayh/ayh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *