Jakarta, CNBC Indonesia – Sebanyak 23 pengusaha dalam negeri secara spontan menyumbangkan uang masing-masing Rp 1 miliar untuk mendukung Tim Nasional Sepakbola Indonesia U-23, Minggu malam (28/4/2024). Uang yang terkumpul mencapai Rp 23 miliar.

Penggalangan dana ini dilakukan secara spontan dalam acara Syukuran dan Halal Bihalal Kadin Indonesia Komite Tiongkok di Hotel Langham.

Awalnya, Ketua Kadin Indonesia Komite Tiongkok yaitu Garibaldi Thohir atau yang akrab disapa Boy Thohir memberikan sambutan saat acara dimulai. Usai Boy memberi sambutan, Maruarar Sirait yang hadir sebagai pengurus naik ke atas panggung dan memanggil Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasyid dan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta Kamdani. Di situlah gerakan saweran dilakukan oleh Maruarar dengan mencolek para pengusaha yang hadir untuk membantu mendukung Timnas U-23.

“Ini acaranya syukuran dan halal bihalal, ini budaya kita. Tapi kita juga ada budaya gotong royong. Kita beberapa hari ini bangga sekali menjadi orang Indonesia, senang. Kalau begitu setuju nggak kita gotong royong untuk memberikan penghargaan dan support bagi Tim Nasional kita? Tapi ini sukarela ya tidak ada paksaan,” ujar Maruarar membuka penggalangan dana tersebut.

Alhasil, dalam hitungan menit, uang Rp 23 miliar berhasil dikumpulkan. Berikut daftar 23 pengusaha yang ikut saweran adalah:

1. Sugianto Kusuma – Agung Sedayu Group

2. Franky O Widjaja – Sinarmas Group

3. Anthony Salim – Salim Group

4. Maruarar Sirait – Puri Damai Sejahtera

5. Garibaldi Thohir – Adaro Group

6. Peter Sondakh – Rajawali Group

7. Arsjad Rasjid – Indika

8. Shinta W Kamdani – Sintesa Group

9. Rosan Rooslani – Recapital Group

10. Anindya Bakrie – Bakrie Group

11. Hilmi Panigoro – PT Medco Energi Internasional Tbk

12. Djoko Susanto – Alfamart

13. Kuntjoro Wibowo – Ace Hardware

14. Agus Pangestu – Barito Pacific Group

15. Prijono Sugiarto – Astra

16. Wishnu Wardhana – Teladan

17. Arief Rahmat – Triputra

18. Winato Kartono – Merdeka Group

19. Ding Liguo – Dexin Steel (Hebei Delong Steel)

20. Lawrence Barki – Harum Energy Group

21. Peter Tanuri – Bali United

22. Pandu Sjahrir – TBS

23. Budi Simin – MMS

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI hadir dalam acara tersebut dan mengungkapkan rasa terima kasihnya. “Saya bersyukur para pengusaha peduli. Masyarakat dari Sabang sampai Merauke melakukan nobar. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang harmonis, dan sepakbola mempersatukan bangsa. Mohon doa dari semua, karena perjuangan belum selesai. Tidak mudah karena kita dianggap underdog sekali. Tapi kita membuktikan kalau kita mau dan serius, kita bisa,” papar Erick.

Tim Nasional (Timnas) U-23 akan bertemu dengan Uzbekistan pada semifinal hari ini, Senin (29/4/2024). Pertandingan ini akan diselenggarakan di Di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha pukul 21:00 WIB

Di antara tim-tim semifinalis, Timnas Indonesia U-23 menjadi satu-satunya yang belum pernah menjuarai ajang ini. Timnas juga merupakan satu-satunya perwakilan ASEAN di babak semifinal ini.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Ini Daftar 5 Raja Tambang Batu Bara di Indonesia


(wed/wed)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *