Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten konglomerat dunia PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) melalui anak usahanya yaitu PT Roket Cipta Sentosa (PT RCS) telah menyelesaikan pengambilalihan perusahaan induk yang mendukung layanan bandara PT Cardig Aero Services Tbk. (CASS), pada 25 April 2024.

RCS telah membeli sebanyak 1.064.344.500 saham CASS dari PT Cardig Asset Management, PT Dinamika Raya Swarna, dan Cemerlang Pte Ltd, yang merupakan 51% dari seluruh saham. Mengutip keterbukaan informasi, pembelian ini dilakukan melalui crossing pada pasar negosiasi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Total harga Pembelian Saham tersebut adalah Rp872.762.490.000 dan harga Pembelian Saham per saham adalah Rp820. Penyelesaian tersebut mengakibatkan perubahan atas pengendalian langsung dalam CASS. Kemudian, ini juga mengakibatkan perubahan pengendalian secara tidak langsung dalam unit usaha CASS, PT Jasa Angkasa Semesta Tbk. (JASS).

“Transaksi pengambilalihan ini dilaksanakan dengan memperhatikan peraturan perundangan yang berlaku termasuk Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 9/POJK.04/2018 tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka,” kata Corporate Secretary EMTK Titi Maria Rusli dalam keterbukaan informasi BEI, dikutip Jumat (26/4/2024).

Transaksi ini akan mengurangi saldo kas EMTK, ditambah dengan arus kas keluar untuk membeli setiap saham yang dijual dalam penawaran tender wajib PT CASS (sehubungan dengan perubahan pengendalian secara langsung dalam PT CASS). Serta, penawaran tender wajib PT JASS (sehubungan dengan perubahan pengendalian secara tidak langsung dalam PT JASS).

Di sisi lain, transaksi ini akan menambah saldo investasi jangka panjang EMTK dalam jumlah tertentu sehingga kondisi keuangan perusahaan, dalam hal ini jumlah asetnya tidak mengalami perubahan material.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Raksasa Investasi Inggris Gemcorp Caplok Perusahaan Internet RI


(ayh/ayh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *