Jakarta, CNBC Indonesia – Salah satu kunci kesuksesan investor kakap sekaligus pemilik Berkshire Hathaway Warren Buffett adalah membaca 500 halaman sehari. Sehingga, ia memiliki banyak rekomendasi buku terkait investasi yang baik untuk dibaca.

“Begitulah cara kerja pengetahuan. Ia berkembang, seperti bunga majemuk,” katanya kepada para siswa di kelas investasi Columbia Business School pada tahun 2000, dikutip dari CNBC.com pada Rabu, (17/4/2024).

Pria yang dijuluki Oracle of Omaha ini mengatakan, bagi sebagian orang mungkin hal ini sukit. Namun dia sudah membuktikan bahwa ia bisa menghabiskan lima atau enam jam sehari untuk membaca buku dan koran.

Berikut lima buku rekomendasi investor saham Warren Buffett:

Shoe Dog

Buku karangan Phil Knight Buffett ini termasuk otobiografi salah satu pendiri Nike. Buffett menyebut karyanya sebagai “buku terbaik yang saya baca” pada tahun 2016.

Where Are the Customers’ Yachts? Or a Good Hard Look at Wall Street

Buffett pada tahun 2006 menyebut buku karangan Fred Schwed sebagai “buku terlucu yang pernah ditulis tentang investasi”. Ia pun menambahkan bahwa “buku tersebut dengan ringan menyampaikan banyak pesan yang sangat penting mengenai subjek tersebut.”

The Clash of the Cultures: Investment vs. Speculation

Buffett merekomendasikan ini karena ditulis oleh teman baiknya, investor legendaris dan pencipta dana indeks pertama John C. Bogle, dalam surat pemegang sahamnya pada tahun 2012.

The Intelligent Investor

Buffett berkali-kali memuji buku karya Benjamin Graham, dengan mengatakan bahwa membacanya untuk pertama kali pada tahun 1949 adalah “salah satu momen paling beruntung dalam hidup saya.”

Pada tahun 2013 dia memuji cara Graham menjelaskan idenya “secara logis dalam prosa yang elegan dan mudah dipahami.”

“Dari semua investasi yang pernah saya lakukan, membeli buku Ben adalah yang terbaik (kecuali pembelian dua surat nikah,” ujarnya pada tahun 2013.

Warren Buffett’s Ground Rules: Words of Wisdom from the Partnership Letters of the World’s Greatest Investor

Buku Jeremy C. Miller menganalisis surat-surat yang ditulis Buffett kepada mitra-mitranya selama 14 tahun dari tahun 1956 hingga 1970 untuk menyaring aturan-aturan Buffett dalam berinvestasi.

“Jika Anda tertarik dengan teori dan praktik investasi, Anda akan menikmati buku ini,” tulis Buffett pada tahun 2015, menjelang peluncuran buku tersebut.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Sebelum Investasi Saham, Simak Dulu Tips Penting dari Warren Buffett


(ayh/ayh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *